GALAU

Blognya orang GALAU niiiiiiiiiii

Senin, 24 Januari 2011

Kisah Cikal Bakal Facebook



Kisah Cikal Bakal Facebook
Film The Social Network

Film biografi biasanya memiliki kecenderungan untuk membuat bosan penontonnya. Detil, fokus hanya pada satu karakter, dan runtun dari awal hingga akhir. Not my favorite genre. Tapi film yang digarap David Fincher ini tak seperti film biografi pada umumnya. Apalagi, David Fincher merupakan sutradara yang telah menghasilkan karya-karya thriller luar biasa, seperti Fight Club dan Se7en.
The Social Network adalah film drama Amerika Serikat tahun 2010 yang diangkat dari buku The Accidental Billionaires karya Ben Mezrich tentang pendiri situs web jejaring sosial Facebook. Film ini dibintangi Jesse Eisenberg, Andrew Garfield, Justin Timberlake, Brenda Song, Rooney Mara, dan masih banyak lagi. Tiada satupun pendiri atau karyawan Facebook yang ikut andil di film ini, kecuali Mark Zuckerberg. Cerita untuk film ini ditulis oleh Aaron Sorkin yang dikonsultasikan pada teman Mark yang ikut mendirikan Facebook, Eduardo Saverin.
Pada 2003 silam, ada seorang mahasiswa Harvard University bernama Mark Zuckerberg (yang diperankan Jesse Eisenberg). Meskipun ia cerdas, mahir berkomputer dan sudah memiliki kekasih bernama Erica (diperankan Rooney Mara), tapi ia masih saja kesepian. Malah karena sifatnya itu, Erica memilih berpisah dari Mark karena Mark selalu menyendiri dan asyik dengan dunianya sendiri.
Malamnya, di kamar yang redup, ia duduk di depan komputer dengan botol bir di sampingnya. Di situlah ia membuat situs Facemash, yang menjadi cikal bakal Facebook, di mana cowok bisa menilai seberapa cantik gadis-gadis kampus.
Setelah Facemash berganti nama menjadi Facebook, semua orang bisa berteman jika mereka memerlukan bantuan. Tapi, lama kelamaan ajang pergaulan global tanpa batas itu menjadi semakin curang. Jika seseorang merasa tak diperlukan lagi, maka temannya bisa memutuskan pertemanannya dengan orang itu.
Ketika Facebook sudah dikenal luas, Mark tega meninggalkan Eduardo Saverin (Andrew Garfield), teman sekampus Mark yang ikut mendanai situs Facebook. Malah, Mark berkongsi dengan Sean Parker (Justin Timberlake). Mungkin karena itu, Mark menjadi kaya dengan Facebook-nya sementara polemik baru telah dimulai.
Cerita yang menjadi dasar film ini juga sangat baik. Pas. Sangat membuka mata kita, bagaimana mengubah kesempatan dan passion, menjadi sebuah kesuksesan. Namun, cerita sukses di dunia nyata tidak akan seindah fairytale. Begitu pula cerita sukses di film ini, terdapat konflik dan permasalahan pada setiap langkah menuju, saat, dan setelah kesuksesan tersebut berhasil diraih. Pas, tidak berlebihan, logis, terasa sangat nyata, dan sangat mungkin terjadi.
Pemilihan aktor pada film ini juga sangat pas. Baik dalam usia maupun postur. Akting para aktor di film ini sangat believable. Eisenberg dan Garfield benar-benar dapat menghidupkan dua mahasiswa Harvard University, dengan usia, kebelum stabilan emosi, dan keegoisan beripikir yang sangat sesuai.
Selain memberikan cerita yang runtun dan terstruktur dengan baik, akting yang believable, dan detil visual dan audio yang sangat “mahasiswa”, film ini juga memberi banyak pelajaran tentang menjadi seorang entrepreneur. Bagaimana kerja keras dan passion dapat membuat kesempatan menjadi sesuatu yang bernilai, bagaimana persahabatan dan kepercayaan tidak lagi cukup di dalam sebuah bisnis, bagaimana semua orang datang untuk membantu atau menjatuhkan dengan membawa tujuan tertentu, dan sebagainya.(net/jpnn)
Sutradara : David Fincher
Penulis : Aaron Sorkin (Screenplay), Ben Mezrich (Book)
Pemain : Jesse Eisenberg, Andrew Garfield, Justin Timberlake
Genre : Biography, Drama
Durasi : 121 Menit
Negara : USA
Production Company : Columbia Pictures
Official Trailer : http://www.youtube.com/watch?v=lB95KLmpLR4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...